Wednesday, November 16, 2011

ilmu bisnes indonesia






Sistem ekonomi apakah yang dianut oleh indonesia ?

1. Kapitalisme (Capitalism)
- Kepemilikan pemerintah minimal.
- Kebanyakan bisnis dimiliki oleh swasta.
- Pemilikmemiliki hak untuk bersaing dan ber-untung.
2. Komunisme (Communism)
- Pemerintah memutuskan produk apa yang diproduksi dan berapa jumlahnya.
- Pemerintah menyediakan jasa sebagai Pusat perencana
- Tidak memfokuskan pada keuntungan atau kepuasan pelanggan
3. Sosialisme (Socialism)
- Bercorakkan antara kapitalisme dan komunisme
- Industri dasar dimiliki oleh pemerintah.
- Pemilik swasta mengoperasikan beberapa bentuk usaha.
- Tarif pajak tinggi dibebankan atas pendapatan.
- Pemerintah menawarkan manfaat kepada penganggur.

DIlihat dari keterangan diatas dapat dijelaskan bahwa :

Kapitalisme, sosialisme dan bentuk perekonomian Indonesia

Dengan melihat arah keterangan di atas, segera akan muncul pertanyaan mengenai sistem perekonomia Indonesia. Ke manakah sebenarnya sistem perekonomian Indonesia menyandarkan dirinya, di bahu kapitalisme ataukah di pelukan sosialisme?
Kemunculan suatu aliran ekonomi di dunia, akan selalu terkait dengan aliran ekonomi yang muncul sebelumnya. Begitu pula dengan garis hidup perekonomian Indonesia. Pergulatan kapitalisme dan sosialisme begitu rupa mempengaruhi ideologi perekonomian Indonesia.
Era pra-kemerdekaan adalah masa di mana kapitalisme mencengkeram erat Indonesia, dalam bentuk yang paling ekstrim. Pada masa ini, Belanda sebagai agen kapitalisme benar-benar mengisi tiap sudut tubuh bangsa Indonesia dengan ide-ide kapitalisme dari Eropa. Dengan ide kapitalisme itu, seharusnya bangsa Indonesia bisa berada dalam kelas pemilik modal. Tetapi, sebagai pemilik, bangsa Indonesia dirampok hak-haknya. Sebuah bangsa yang seharusnya menjadi tuan di tanahnya sendiri, harus menjadi budak dari sebuah bangsa asing. Hal ini berlangsung hingga bangsa Indonesia mampu melepaskan diri dari penjajahan belanda.
“Perekonomian Indonesia berdasarkan atas asas kekeluargaan.” Demikianlah kira-kira substansi pokok sistem perekonomian Indonesia paska kemerdekaan. Lalu apa hubungan substansi ini dengan dua aliran utama perekonomian dunia? Adakah korelasi sistem perekonomian Indonesia paska kemerdekaan ini dengan dua mainstrem tadi? Ataukah malahan, kapitalisme dan sosialisme sama sekali tidak berperan dalam melahirkan sistem perekonomian Indonesia?
Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas ada baiknya kita cari tahu dahulu seperti apakah sistem perekonomian Indonesia. Dengan melihat seperti apakah sistem perekonomian Indonesia secara tidak langsung kita sedikit-banyak akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.
Di atas disinggung bahwa sistem perekonomian Indonesia beradasarkan asas kekeluargaan. Lalu, apa asas kekeluargaan itu? Membahas asas ini, setidaknya muncul dua opsi dalam pikiran saya. Pertama, asas ini lekat sekali dengan ide-ide Pak Hatta, mengenai sebuah bentuk perekonomian yang oleh beliau dianggap paling sesuai dengan masyarakat Indonesia . Dengan ide inilah Pak Hatta menggagas satu badan ekonomi Indonesia yang di kenal dengan “koperasi”. Kedua, hal ini berkenaan dengan UUD’45, tepatnya dalam pembukaan dan dua pasal pokok di dalamnya. Asas kekeluargaan ini secara ekstrisik nampak pada pasal 33 ayat 1, sedangkan secara intrisik asas dapat di pahami dari Pembukaan UUD, pasal 27 ayat 2, dan pasal 33 (2,3). Pembahasan selanjutnya mengenai asas ini, akan saya fokuskan pada opsi yang kedua saja, yaitu asas kekeluargaan dalam UUD’45.
Dalam pasal 33 ayat 1 yang berbunyi, “ Perekonomian disusun atas usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan, di sini secara jelas nampak bahwa Indonesia menjadikan asas kekeluargaan sebagai fondasi dasar perekonomiannya. Kemudian dalam pasal 33 ayat 2 yang berbunyi, “Cabang-cabang produksi yang bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”, dan dilanjutkan pada pasal 33 ayat 3 yang berbunyi, “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan di pergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat,” dari bunyinya dapat dilihat bahwa dua pasal ini mengandung intisari asas itu. Hal ini tercemin dari penguasaan negara akan sumber-sumber daya alam dan kemudian tindak lanjutnya adalah kembali pada rakyat, secara tersirat di sini nampak adanya kolektivitas bersama dalam sebuah negara. Meskipun dalam dua pasal ini tidak terlalu jelas kandungan asas kekeluargaanya, namun melihat pasal sebelumnya, kedua pasal inipun akan jadi terkait dengan asas kekeluargaan itu.
Kemudian dalam pasal 27 ayat dua yang berbunyi, “Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.”Makna kekeluargaan di sini lebih jelas di bandingkan pasal 33 ayat 2 dan 3. Ada hak yang menjembatani antara negara dan warga negara. Hubungan ini tidak hanya sekedar apa yang harus di lakukan dan bagaimana memperlakukan. Tetapi ada nilai moral khusus yang menjadikannya istimewa. Dan nilai moral itu adalah nilai-nilai yang muncul karena rasa kekeluargaan. Dan hal ini pun tidak jauh beda dengan yang ada dalam pembukaan UUD, di dalamnya asas kekeluargaan juga muncul secara tersirat.
Mengacu pada pasal-pasal di atas, asas kekeluargaan dapat digambarkan sebagai sebuah asas yang memiliki substansi sebagai berikut; kebersamaan, idealis keadilan, persamaan hak, gotong-royong, menyeluruh, dan nilai-nilai kemanusiaan.
Menilik dari substansi-substansi itu dapat diketahui bahwa sosialisme telah mengakar ke dalam tubuh perekonomian Indonesia. di sini penulis tidak ingin mengatakan bahwa hanya sosialisme saja yang memiliki pengaruh terhadap sistem perekonomian Indonesia. Namun penulis ingin menekankan bahwa ada bagian-bagian aliran sosialisme yang menjadi bagian sistem ekonomi kita. Dan yang perlu di garis bawahi, bagian-bagian aliran sosialisme yang diadopsi itu bukanlah bagian secara keseluruhan, melainkan hanya bagian-bagian yang dianggap sesuai dan baik untuk Indonesia. hal ini dikuatkan dalam TAP No. XIII/MPRS/1966, “Langkah-langkah pertama ke arah perbaikan ekonomi rakyat ialah penilaian kembali daripada semua landasan-landasan kebijakan ekonomi, keuangan, dan pembangunan, dengan maksud memperoleh keseimbangan yang tepat antara upaya yang diusahakan dan tujuan yang hendak dicapai, yakni masyarakat sosialis Indonesia berdasarkan Pancasila.”
Hubungan antara sosialisme dan sistem perekonomian Indonesia telah dikupas, meski sedikit saja. Kemudian bagaimana dengan kapitalisme? Apa kapitalisme juga memiliki andil dalam terbentuknya sistem perekonomian kita? Untuk melihat hubungan antara perekonomian kita dengan kapitalisme, kita cukup menelaah kapitalisme sedikit saja. Dan dengan sedikit telaah pada UUD’45 tadi, hal itu akan dapat membantu manampakkan bias-bias buram hubungan itu.
Kapitalisme lahir di Eropa dengan ide-ide pasar bebasnya. Tapi apakah hanya itu saja ide-ide kapitalisme? Dengan lantang kita akan menjawab tidak, sistem pasar bebas sendiri hanya bagian umum dari ide-ide kapitalisme, jadi tentu ada bagian-bagian yang lebih substantif dalam kapitalisme. Sebut saja, kebebasan bertindak, kepemilikan hak, kebebasan mengembangkan diri, dan banyak lagi, tentu ini adalah substansi kapitalisme yang baik, di luar itu lebih banyak lagi substansi-substansi kapitalisme yang tidak sesuai dengan sistem perekonomian Indonesia. Sejenak kita berfikir bahwa substansi-substansi itu bukankah ada dalam sistem ekonomi Indonesia.
Satu persatu substansi itu kita lihat kembali. Kebebasan bertindak. Di Indonesia apakah kebebasan berkehendak ada? Ataukah kebebasan itu malah di kekang? Serempak kita akan menjawab kebebasan berkehendak di Indonesia jelas ada. Lalu bagaimana kita tahu bahwa kita diberikan kehendak bebas dalam berekonomi? Dalam kehidupan sehari-hari kita melihat orang-seorang di beri kebebasan memilih apa yang ia inginkan, pekerjaan apa yang ia suka, atau mendirikan perusahaan, negara memberikan ruang bebas kepada kita untuk melakukan itu.
Hak kepemilikan. Hak memiliki sesuatu jelas adalah suatu yang lazim di Indonesia. Tidak ada ceritanya di Indonesia orang dilarang untuk memiliki sesuatu, kecuali hal itu yang menyangkut hal-hal yang di jadikan pengecualian. Di Indonesia orang boleh memiliki perusahaan-perusahaan, boleh memiliki villa pribadi, sedan pribadi dan banyak lagi hak milik pribadi yang diperbolehkan. Bahkan kadang aset negarapun boleh menjadi hak milik pribadi.
Jadi antara kapitalisme dan sistem ekonomi Indonesia memang memiliki kaitan yang cukup erat, seperti halnya hubungan sosialisme dengan sistem ekonomi indonesia . Hal ini juga dipertegas dalam UUD’45, dalam pasal 27 ayat 2 yang telah dibahas di atas. Selain ada unsur sosialisme ternyata dalam pasal ini juga mengandung unsur kapitalisme. Hak untuk memilik pekerjaan ternyata juga termasuk hak kepemilikan yang merupakan substansi kapitalisme. Selain itu dalam pasal ini juga tersirat bahwa kewajiban negara adalah sebagai agen pelindung individu-individu sebagai warga negara. Tanggung jawab negara terhadap hak-hak individu ini adalah bagian dari substansi kapitalisme yang menjadikan individu-individu sebagai subjek.

Sistem ekonomi Indonesia sebagai sintesa kapitalisme dan sosialisme

Merunut pada pembahasan di atas, penulis akan menutup tulisan ini dengan menyimpulkan bahwa sistem ekonomi Indonesia adalah sintesa antara kapitalisme dan sosialisme. Apakan dengan begitu penulis ingin mengabaikan aspek-aspek lain pembentuk sistem ekonomi Indonesia, misalnya budaya Indonesia. Apakah penulis ingin menyingkirkan hal-hal itu begitu saja. Tentu saja bukan demikian. Yang ingin penulis sampaikan dalam tulisan ini adalah ada bagian penting kapitalisme dan sosialisme yang menjadi konstruksi utama dalam pembentukan sistem ekonomi Indonesia. Dengan mangadopsi yang baik dari dua mainstrem itu, sistem ekonomi Indonesia terbentuk. Tentunya dalam pembentukannya ada bongkar-pasang untuk mendapatkan kesesuaian. Individualisme vs kolektivisme. Dengan memadukan dua unsur ini maka yang ada dalam sistem Indonesia adalah bukan individualisme dan bukan pula kolektivisme. Dalam perekonomian Indonesia ada individualisme, namun karena telah di batasi kolektivisme maka individualisme ini tidak segarang aslinya. Sentralisai dan swastanisai. Peran negara dalam sistem perekonomian Indonesia memang sentral, namun hal itu tidak menjadikannya seperti sentralisme yang ada di negara-negara sosialisme, lagi-lagi hal ini karena hasil sintesa antara individulisme dan kolektivisme.
Satu hal lagi yang mengenai sistem ekonomi Indonesia (Pak Hatta menyebutnya sebagai sistem ekonomi terpimpin, Pak Karno menyebutnya sistem ekonomi sosialisme demokrasi, dan saya sendiri lebih suka menyebutnya sebagi sistem ekonomi Pancasila) yang oleh Pak Hatta dianggap sebagai lawan dari kapitalisme, saya tidak sependapat mengenai hal ini. Saya melihat kontradiksi antara kapitalisme dan sistem ekonomi Indonesia tidak cukup kuat untuk dijadikan alasan itu. Seperti yang telah dibahas di atas bahwa sistem perekonomian Indonesia terbentuk karena hasil sintesa antara kapitalisme dan sosialisme, jadi agak berlebihan bila sistem ekonomi Indonesia disandingkan dengan sosialisme yang kontra kapitalisme.

Tugas pengetahuan bisnis 3 macam contoh waralaba

Waralaba adalah yang menjual produk yang dihasilkan oleh pabrik. Contoh nya antara lain :
• Alfamart
• Indomaret
• Adira
1. Alfamart
Alfamart merupakan perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Alfamart dapat dimiliki masyarakat luas dengan cara kemitraan.
Badan Usaha : PT Sumber Alfaria Trijaya
Didirikan : 27 juni 1999
Jumlah took : Lebih dari 2266 (Desember 2007)


a. Manajemen Alfamart
ISO 9001:2000
ISO (International Organisation For Standardisation) adalah sebuah badan yang terdiri atas organisasi-organisasi dari seluruh dunia yang bertanggungjawab untuk mewujudkan standard internasional di negara masing-masing.
Dengan diterimanya Sertifikat ISO 9001:2000 bagi Alfamart berarti Alfamart telah berhasil menerapkan standard-standard internesional didalam setiap unit-unit usaha didalamnya dan menunjukkan bahwa perusahaan nasional mampu bersaing secara internasional.

Carrefour Bina Manajemen Alfamart
JAKARTA - Setelah mengambil alih 75 persen sagam PT Alfa Retailindo Tbk (ALFA), kini PT Carrefour Indonesia akan melakukan kerja sama teknis dengan Alfa. Kerja sama itu termasuk manajemen toko dan branding Carrefour.
Dari kerja sama tersebut, perseroan diharuskan membayar 1,5 persen dari hasil penjualan Alfa yang akan dibayar tiap tiga bulan.
Secara detail, Carrefour akan memberi jasa bantuan teknis dalam laporan keuangan, kepatuhan peraturan, sistem teknologi informasi, SDM, dan aktivitas perdagangan.

Seperti dikutip dari prospektus perseroan, di Jakarta, Kamis (14/2/2008), Carrefour juga menizinkan penggunaan merek dagang Carrefour, dengan catatan membayar kembali 0,3 persen atas penjualan perseroan.
Akan tetapi, transaksi ini akan dibawa ke rapat umum pemegang saham (RUPS), karena terdapat unsur benturan kepentingan. Rencananya, RUPS akan dilakukan Jumat 14 Maret mendatang.
Selaian itu, perseroan juga akan membeli peralatan teknologi informasi dari PT Sumber Alfaria Trijaya sebesar Rp300 juta.
Transaksi ini juga mengalami benturan kepentingan karena pemilik Sumber Alfaria Trijaya, Djoko susanto juga memiliki saham di PT Sigmantara Alfaria Trijaya, pemilik pemilik 20 persen ALFA. (rhs)

b. Pemodalan
Carrefour Indonesia akan melakukan kerja sama teknis dengan Alfa. Kerja sama itu termasuk manajemen toko dan branding Carrefour.
Dari kerja sama tersebut, perseroan diharuskan membayar 1,5 persen dari hasil penjualan Alfa yang akan dibayar tiap tiga bulan.
Secara detail, Carrefour akan memberi jasa bantuan teknis dalam laporan keuangan, kepatuhan peraturan, sistem teknologi informasi, SDM, dan aktivitas perdagangan. Seperti dikutip dari prospektus perseroan, di Jakarta, Kamis (14/2/2008), Carrefour juga menizinkan penggunaan merek dagang Carrefour, dengan catatan membayar kembali 0,3 persen atas penjualan perseroan.

Alfamart genjot gerai kerja sama_
JAKARTA:PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) akan menggenjot pembukaan gerai SMEsCO, PuWnten, dan Sang Surya Alfamart hasil kerja sama minimarket tersebut dengan Kemenkop & UKM, Paguyuban Warga Banten (PuWnten), dan PT Surya Menara Makmur. Menurut Didit Setiadi, Public Relations Manager Alfamart, kepedulian Alfamart untuk bekerja sama dengan sejumlah koperasi, terkait dengan keinginan ritel modern itu untuk memperbanyak toko yang dimiliki masyarakat.
"Semua ini menjadi bagian dari kepedulian kami. Target kami, toko sebanyak mungkin
milik masyarakat, sesuai visi Alfamart sebagai jaringan distribusi ritel terkemuka yang
dimiliki oleh masyarakat luas berorientasi pada pemberdayaan usaha kecil dan
menengah," ujar Didit kepada Bisnis, Senin malam. Alfamart juga tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kerja sama dengan koperasi lainnya, asalkan memiliki tempat berlokasi bagus, yayasan atau koperasi dinilai memang memiliki pasar, dan mempunyai modal. Seperti halnya yang dilakukan Alfamart dalam membangun kerja sama dengan koperasi untuk membangun toko bernama SMEsCO, PuWnten, dan Sang Surya Alfamart. "Tempat dan permodalan dari mereka [koperasi atau yayasan]."
Saat ini SMEsCO telah memiliki tiga minimarket, yaitu SMEsCO Darunnajah, SMEsCO
PKPRI-Banjarnegara, Jateng, dan SMEsCO Primkopti Cirebon. (Bisnis/ltc)


c. Pembagian hasil
Alfamart adalah contoh dari waralaba "full operated by master franchise".... didiemin 5 tahun-pun.... incomenya akan tetap saya terima setiap 3 bulan (karena pembagian hasil-usaha dilakukan 3 bulan 1x). Oleh sebab itu impian saya adalah memiliki 3 Alfamart. Dengan pembagian hasil-usaha pada bulan yang berbeda.... jadi setiap bulan akan terima hasil-usaha.... tanpa meluangkan "waktu" saya

d. Produk
produk yang dijual di Alfamart merupakan produk yang telah melalui seleksi pasar. "Jika memang masyarakat sekitar itu hanya memerlukan satu merek untuk satu produk ya kita jual satu merek saja. Karena Alfamart tidak mau menjual produk yang susah atau lama lakunya."
Pemilik toko tidak perlu mencari barang dagangan karena seluruhnya disuplai dari Alfamart. Bahkan seleksi dan pelatihan karyawan, sistem dan administrasi keuangan toko, hingga promosi dan pembukaan toko semuanya dilakukan Alfamart. Pemilik toko juga mendapat panduan, bimbingan operasional, supervisi, dan konsultasi selama lima tahun pertama. "Itulah sebabnya mengapa semua toko Alfamart memiliki penataan dan display produk yang sama. Ini juga sebagai kunci keberhasilan Alfamart dalam membina hubungan dengan produsen."
Jakarta (ANTARA News) - PT Sumber Alfaria Trijaya yang merupakan perusahaan pengelola minimarket Alfamart pada tahun ini menargetkan pertumbuhan gerai baru sebesar 30 persen atau sekitar 600 toko, baik dengan pola waralaba atau kepemilikan langsung. Deputi Direktur Pengembangan Waralaba PT Sumber Alfaria Trijaya, Maria Harjono kepada pers di Jakarta, Rabu, mengatakan, pihaknya optimistis target itu akan tercapai. Meski diakuinya dari jumlah sekitar 600 gerai baru, 80 persennya kemungkinan akan merupakan gerai langsung dari perusahaan, sementara sisanya ditawarkan melalui waralaba. Di sisi lain, katanya, perusahaan akan secara bertahap mengurangi pola kepemilikan langsungnya dengan menjual gerai yang sudah berjalan. Tahun lalu, lanjutnya, ada 21 gerai yang telah berjalan dijual kepada mitra yang berminat. Jumlah yang sama juga akan dilepas pada tahun ini.
"Sekarang sudah ada sekitar 90 investor yang menyatakan minatnya untuk membeli `outlet` (gerai) yang sudah jadi tanpa harus membangun dari awal," katanya.
Pembukaan gerai baru itu, katanya, juga masih fokus di Pulau Jawa dulu meski permintaan sudah mulai datang dari Sulawesi dan Kalimantan.
"Untuk tahun ini kita masih fokus ke Jawa dulu. Di Sumatera memang kita juga mulai masuk dari Lampung," katanya.
Total gerai Alfamart saat ini mencapai 2.400 unit yang terdiri dari 503 dengan pola waralaba dan sisanya merupakan kepemilikan langsung dari perusahaan.
Maria juga menyatakan beberapa bank juga sudah mendukung upaya pengembangan waralaba ini dengan memberikan kredit dari mitra yang akan membuka Alfamart. "Saat ini sudah ada dua bank yang berhubungan dengan kita yaitu BNI dan BRI," katanya.
Alfamart saat ini, katanya, juga sedang mengembangkan pola grosir bagi para pedagang kecil yang disebut dengan "Store Selling Point" (SSP). SSP ini dimaksudkan untuk menjadi tempat bagi para pedagang kecil membeli berbagai produk Alfamart untuk dijual kembali.


2. Indomaret
jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara.
Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan "Perusahaan Waralaba 2003" dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Hingga Februari 2009 Indomaret mencapai 3176 gerai. Dari total itu 1830 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1346 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali dan Lampung. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 300 gerai.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto "mudah dan hemat".
Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan nonmakanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung oleh 12 pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, Finco, BSD Plaza dan Charmant.
a. Manajemen
Bisnis yang relatif stabil adalah bisnis retail di mana semakin banyak masyarakat Indonesia memilih untuk berbelanja di supermarket dibanding ke pasar tradisional. Melihat prospek cerah ini, tidaklah heran bila semakin banyak investor yang melirik bisnis waralaba retail termasuk carrefour yang pada akhirnya telah membeli sebagian besar saham mini market lokal.
Indomaret, waralaba bisnis retail yang hingga saat ini telah memiliki lebih dari 1000 outlet yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia merupakan leader bisnis retail lokal yang mengembangkan jaringan bisnisnya menggunakan sistem waralaba/franchise.
Dalam mendukung partner kerjanya, waralaba indomaret memberikan dukungan berupa perencanaan anggaran biaya, selesi lokasi, studi kelayakan investasi, renovasi ruang usaha, seleksi dan pelatihan karyawan, serta program promosi penjualan.
Sistem waralaba ini mulai dikembangkan PT. Indomarco Prismatama. Perusahaan yang menaungi Indomaret, sejak 1997, sepuluh tahun seetlah Indomaret berdiri. Menurut Jimmy Caryabudi, Vice Executive Director Indomarco, Indomaret pertama kali didirikan pada 1987 di Pontianak, Kalimantan Barat. ''Letaknya tak jauh dari sebuah area pabrik plywood,'' kata Jimmy kepada Hertiana D.P. Dari Gatra. Pola di Pontianak itu kemudian dikembangkan di Jakarta.

Kalau sekarang baru sekitar 41% waralaba, lanjut Jimmy, ke depan pengembangan gerai Indomaret akan lebih ditekankan pada sistem ini. ''Tahun depan komposisinya 60% hingga 70% waralaba,'' katanya. Untuk selanjutnya, target komposisinya bahkan akan terus dinaikan hingga 80%. Dengan strategi tersebut, Indomarco ingin menjadikan Indomaret sebagai aset nasional dalam jaringan retail waralaba yang kuat dan unggul dalam persaingan global.
pihak manajemen juga terus melahirkan pelayanan yang inovatif. Tahun 2006 misalnya, Indomaret menjual Ice Tart Cake untuk keperluan pesta ulang tahun atau berbagai acara lain. Caranya, konsumen bisa memesan dua hari sebelum kegiatan itu diselenggarakan. Sistem ini disebut delivery service. Konsumen cukup datang ke Indomaret, melihat katalog, memilih produknya, kemudian pihak supplier akan mengirimnya sesuai hari yang diminta.

b. Pemodalan
Permodalannya dari perusahaan besar yang mempunyai saham cukup banyak yaitu PT. Indomarco Prismatama . Modalnya cukup untuk bersaing dengan waralaba-waralaba yang lain seperti alfamart.
c. Pembagian hasil
sistem takeover memakan biaya hingga 500juta. perbulan akan mendapat cash-in dari manajemen ( jika normal ) sebesar 13,5 juta ( 7,5 untuk modal kembali dan sisanya laba bersih ) jadi sekali lagi jika kondisi normal rata2 laba perbulan yg diperoleh adalah 1 persen dari modal ( 5juta dari 500juta ).
rata2 laba perbulan yg diperoleh adalah 1 persen dari modal .

d. Produk
MULAI 12 Oktober 2004 Indomaret menjual gas dan tabung Elpiji Pertamina. Kerja sama pemasaran Elpiji Pertamina ke Indomaret ditandai dengan peluncuran perdana produk itu di gerai Indomaret, Jl Kepu Selatan, Jakarta, Selasa (12/10).
Peresmian ini dihadiri oleh Operation Director PT Indomareo Prismatama, Laurensius Tirta Widjaja (kedua dari kanan) dan Vice Director Merchandising, WiwiekYusuf serta General Manager Gas Domestik PT Pertamina (Persero), A Faisal (pertama dari kiri) dan LPG Business Development Assistant Manager, Adi Haryono.
Indomaret merupakan peritel modern pertama yang memasarkan Elpiji Pertamina langsung ke konsumen. Untuk tahap awal dijual di 194 gerai di wilayah Jakarta dari total 934 gerai Indomaret yang tersebar di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jogjakarta

3. Adira Insurance

Didirikan pada tahun 2002 dan dikelola oleh sekelompok profesional yang memiliki kompetensi dan pengalaman panjang di dunia asuransi dan otomotif, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) yang bergerak di bidang asuransi umum memfokuskan tahun-tahun pertamanya di Industri Asuransi Kendaraan Bermotor, dan saat ini juga sedang mengembangkan produk-produk asuransi Non Kendaraan Bermotor.
Dengan tekad “Menjadi Perusahaan Asuransi Umum yang Paling Dikagumi di Indonesia”, Adira Insurance meluncurkan produk unggulan pertamanya pada bulan September 2003, yaitu asuransi mobil dengan merek dagang autocillin,serta asuransi sepeda motor dengan merek dagang motopro pada bulan November 2007.
Didukung Sumber Daya Manusia yang kompeten dan penuh komitmen, serta Teknologi Informasi yang tepat guna, Adira Insurance bertekad memberikan produk dan fitur yang Simple, Unique & Reliable.
Adira Insurance selalu berupaya mewujudkan peace of mind bagi Pelanggannya melalui cara-cara yang unprecedented, yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Selain peace of mind, Adira Insurance menelurkan nilai-nilai dan perolehan hasil usaha yang bermanfaat bagi para stakeholder guna memastikan stakeholder value yang berkesinambungan dalam jangka panjang.
Pengetahuan serta pemahaman yang luas dan mendalam di bidang industri asuransi memungkinkan Adira Insurance untuk mencapai pertumbuhan yang pesat sejak didirikan, tanpa mengesampingkan aspek pengelolaan dan pengendalian risiko yang terkait dengan pertumbuhan itu sendiri.

a. . Manajemen
Sejak awal didirikan Adira Insurance sangat menyadari bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) memegang peranan yang sangat strategis bagi perkembangan bisnis. Karenanya sejak tahun kedua berdiri, Adira Insurance sudah menjalankan Management Trainee Program (MT) untuk mendapatkan calon karyawan yang kelak dapat menjadi asset yang sangat berharga untuk membawa Adira Insurance berkembang secara pesat.

Management Trainee Program adalah program pengembangan karyawan yang ditujukan untuk para lulusan baru dengan proses seleksi yang sangat ketat. Calon Management Trainee akan mengikuti beberapa tahap seleksi sebelum diputuskan sebagai peserta MT Program.

b. Pemodalan
Kewajiban perusahaan asuransi mempunyai modal minimum Rp40 miliar tahun ini dan 70 miliar teryata sudah diantisipasi oleh perusahaan asuransi. Mereka sudah menggenjot permodalannya sejak tahun lalu. Peningkatan ekuitas atau permodalan bukan hanya terjadi pada kelompok modal terkecil, yakni modal sendiri kurang dari Rp50 miliar tapi juga diatasnya.
Data Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) menunjukan ada 7 perusahaan asuransi jiwa yang berhasil meningkatkan modal sendiri atau 'naik kelas' ke kelompok modal di atasnya dalam penyusunan rangking pada tahun 2008.
Tercatat ada empat perusahaan yang pada 2006 masih memiliki modal sendiri Rp50 miliar sampai Rp100 miliar, kini telah masuk kelompok perusahaan asuransi jiwa dengan modal sendiri Rp100 miliar sampai Rp 250 miliar, yakni Mega Life, Bakrie Jiwa, Adisarana Wanaartha, dan Sequis Financial.
Sedangkan dari kelompok dengan modal sendiri Rp100 miliar-Rp250 miliar yang naik kelas ke kelompok modal sendiri Rp250 miliar ke atas, tercatat dua perusahaan yakni Sinarmas dan Allianz Life. Adapun Winterthur merupakan satu-satunya perusahaan asuransi jiwa kelompok modal sendiri kurang dari Rp 50 miliar yang naik kelas ke kelompok Rp50 miliar-Rp100 miliar.
Sementara asuransi umum mencatat 10 perusahaan yang naik kelas ke kelompok modal lebih tinggi. Dua berasal dari kelompok modal sendiri Rp100 miliar-Rp250 miliar naik kelas ke kelompok modal sendiri Rp250 miliar ke atas, yakni Adira Insurance dan Tokyo Marine.
Empat perusahaan dari kelompok modal sendiri Rp50 miliar sampai Rp100 miliar masuk kelompok modal sendiri Rp100 miliar-250 miliar, yakni Jaya Proteksi, Reliance Indonesia, Sompo Japan Insurance Indonesia, dan Bumiputeramuda 1967. Dari kelompok Rp50 miliar juga ada empat perusahaan yang meningkatkan ekuitasnya sehingga masuk kelompok modal sendiri Rp50 miliar-Rp100 miliar, yakni Purna Artanugraha, Bringin Sejahtera Arta Makmur, Bosowa Periskop, dan LIG Insurance Indonesia.
"Memang ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mendongkrak ekuitas, salah satunya adalah dengan menahan laba," kata Pimpinan LMRA Mucharor Djalil.
Sementara itu dalam ajang Insurance Award 2008, dari perusahaan asuransi yang mendapat penghargaan itu, ada tiga perusahaan yang mencatatkan prestasi bagus selama dua tahun berturut-turut. Mereka adalah Asuransi Sinar Mas, Asuransi Mega Life dan Asuransi Jaya Proteksi. Sinarmas yang pada tahun 2008 ini menjadi Asuransi Terbaik I untuk kelompok modal sendiri Rp250 miliar ke atas, pada 2007 lalu adalah Perusahaan Asuransi Terbaik I untuk kelompok modal sendiri Rp100 miliar-Rp250 miliar.
Sementara itu Mega Life tahun ini merupakan perusahaan Asuransi Terbaik I untuk kelompok modal sendiri Rp100 miliar-Rp250 miliar dan pada 2006 lalu merupakan perusahaan Asuransi Terbaik I untuk kelompok modal sendiri Rp50 miliar-Rp100 miliar. Sedangkan asuransi umum, prestasi serupa dibukukan PT Asuransi Jaya Proteksi.
Perusahaan ini pada 2008 berhasil menjadi perusahaan Asuransi Terbaik I untuk kelompok modal sendiri Rp100 miliar-Rp250 miliar, melanjutkan prestasinya pada 2007 sebagai perusahaan Asuransi Terbaik I untuk kelompok modal sendiri Rp50 miliar-Rp100 miliar.

c. Pembagian hasil
Bagi hasil untuk Anda yang tidak melakukan klaim selama 1 tahun masa pertanggungan. (Besaran tingkat hasil bergantung pada keuntungan investasi dan tingkat klaim).


d. Produk
utocillin, salah satu produk unggulan dari Adira Insurance hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Kelengkapan jaminan serta fitur merupakan bentuk nyata usaha autocillin untuk selalu hadir bagi pelanggannya.
Sesuai dengan nama produk "autocillin"; yang merupakan penggabungan dari dua kata yaitu "auto" dan "cillin", kami berupaya untuk memberikan "obat" sebagai penyembuh bagi kendaraan. Tetapi bukan hanya bagi kendaraan Anda saja, ataupun nilai financialnya, lebih dari itu, autocillin memberikan penyembuh bagi kekecewaan hati serta ketidaknyamanan yang Anda alami pada saat musibah terjadi.




Persero
Persero adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah. Berbeda dengan Perum atau Perjan, tujuan didirikannya Persero yang pertama adalah mencari keuntungan dan yang kedua memberi pelayanan kepada umum. Modal pendiriannya berasal sebagian atau seluruhnya dari kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham–saham. Persero dipimpin oleh direksi. Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta. Badan usaha ditulis PT <> (PERSERO). Perusahaan ini tidak memperoleh fasilitas negara. Jadi dari uraian di atas, ciri–ciri PERSERO adalah:
             Tujuan utamanya mencari laba (Komersial).
             Modal sebagian atau seluruhnya berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan yang berupa saham–saham.
             Dipimpin oleh direksi.
             Pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta.
             Badan usahanya ditulis PT (nama perusahaan) (PERSERO).
             Tidak memperoleh fasilitas negara.
Perusahaan Perseroan
Artikel utama untuk bagian ini adalah: PT
Perusahaaaan perseroan, adalah perusahaan yang semua modalnya berbentuk saham, yang jenis peredarannya tergantung jenis saham tersebut. Perusahaan perseroan dikelola secara profesional. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini mencantumkan namanya kedalam bursa efek, untuk diperjual belikan.
Contoh Perusahaan Perseroan salah satunya ialah:          - PT. Gudang Garam Tbk.


Gudang Garam


Tipe       Publik

Didirikan              1958

Letak     Kediri, Jawa Timur

Tokoh penting   Rachman Halim, Presiden Direktur

Industri                Rokok

Produk Gudang Garam Merah,Gudang Garam Filter,Taman Sriwedari,Sigaret Kretek Klobot, Surya Signature, Surya Slims
Karyawan            -
Situs
www.gudanggaramtbk.com

PT Gudang Garam Tbk. (IDX: GGRM) adalah sebuah perusahaan Indonesia yang merupakan produsen rokok. Didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo, perusahaan ini merupakan pemimpin dalam produksi rokok kretek. Perusahaan ini memiliki kompleks tembakau sebesar 514 are di Kediri, Jawa Timur.
Pemimpin umumnya adalah Rachman Halim.

Tahun berdiri dan kejayaan
PT.Gudang Garam didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Tjoa Ing Hwie. Disaat berumur sekitar dua puluh tahun, Ing Hwie mendapat tawaran bekerja dari pamannya di pabrik rokok Cap 93. Pabrik rokok Cap 93 adalah salah satu pabrik rokok terkenal di Jawa timur pada waktu itu. Berkat kerja keras dan kerajinannya dia mendapatkan promosi dan akhirnya direktur di perusahaan itu.
Pada tahun 1956 Ing Hwie meninggalkan Cap 93. Dia membeli tanah di Kediri dan segera memulai memproduksi rokok, diawali dengan memproduksi kretek dari klobot dibawah merk Inghwie. Setelah dua tahun berjalan Ing Hwie mengganti nama perusahaannya menjadi Pabrik Rokok Tjap Gudang Garam dan inilah awal dari segalanya.
Profil
PT Gudang Garam Tbk merupakan salah satu produsen rokok terkemuka yang akan mengamankan pengiriman pasar terbesar di Indonesia, diproduksi lebih dari 70 miliar batang pada tahun 2001 dan dikenal dengan kualitas tinggi Kretek produsen rokok.
Diukur oleh aset dikontrol, penjualan produk, bea dan pajak yang dibayarkan kepada pemerintah Indonesia dan dengan total jumlah karyawan, PT Gudang Garam, Tbk. adalah perusahaan terbesar di Indonesia yang terlibat dalam industri rokok Kretek. 'Tbk' menandakan bahwa perusahaan bagian dari daftar saham di Bursa Efek.
Kepemilikan.
Pendiri Pt. Gudang Garam adalah Tjoa Ing Hwie.
Dan Pt.Gudang garam dimulai sebagai sebuah perusahaan keluarga. Kini telah tumbuh dan berkembang besar. Berdasarkan filosifi tentang nilai-nilai pengadaan bisnis yang juga banyak bercangkup dalam tata kelola perusahaan yang baik. Nialai-nilai yang ada dalam filosofi perseroan dijadikan panduan untuk senantiasa memenuhi tanggug jawab perseroan kapada segenap pemegang saham termsuk pada karyawan dan masyarakat sekitar.
Kami percaya bahwa tidak ada perusahaan yang berdiri sendiri dan berlanjut tanapa menjadi bagian pada masyarakat yang lebih luas dalam melakukan aktivitas usahanya. Kami aktif berpartisiapasi dalam mengelolah bisnis yang selaras dengan lingkungan dan memandang bahwa implementasi tanggung jawab social bukan hanya bersifat kerelaan akan tetapi merupakan salah satu kewajiban yang kami sendiri akan bermanfaat dalam kelanjutan usaha.
Perseroan dan masyarakat
Perusahaan memahami bahwa gudang garam dapat mencapai posisi sekarang ini antara lain karena dukungan masyarakat sekitar untuk itu. Perseroan menganggap perlu untuk mempertahankan hubungan ini melalui program-program kegiatan social yang menciptakan keharmonisan dan memiliki sinergi dengan kegiatan social pemerintah daerah setempat.
Keuangan
Aktiva   Aktiva lancar thun ini sebesar Rp.14.8 triliun hamper tidak mengalami perubahan disbanding dengan tahun sebelumnya. Piutang usaha meningkat sebesar Rp.490 miliyar menjadi Rp.2.6 triliun sejalan dengan meningkatnya perjualan sedangkan turunnya persediaan sebesar rp.394 miliyar menjadi Rp.11.6 triliun dibandingkan oleh pengurangan pengembalian beban baku pada tahun 2006. Turunnya aktiva tetap bersih di akhir tahun menjadi Rp.647 miliyar di tahun 2006 dan Rp.446 di tahun 2006.
Kewajiban           Turunnya penjulan jangka pe ndek sebesar 13% ketingkat Rp.4.9 triliun mencerminkan kebutuhan dana yang lebih renda sejalan dengan turunnya tingkat persediaan. Semua kebutuhan pendanaan dipenuhi dari pinjaman jangka pendek dalam mata uang Rupiah yang diperoleh dari perbankan yang mencakup bank pemerintahan dan bank swasta.
Hutang Cukai dan PPN rokok yang harus dibayar meningkat dari Rp.2,4 triliun menjadi Rp.2,5 triliun di tahun 2006 sejalan denga pemerintah untuk menaikkan cukai dan rokok.
Kenaikan pada pos manfaat purna karaya terhutang yang sesuai dengan undang-undang ketenegaraan dan pada pos kewajiban pajak yang ditangguhkan adalah penyebab Kewajiban tidak lancar meningkat 37% menjadi Rp.703 miliyar.
Tata Kelola perusahaan








Proses Produksi

Produksi rokok secara umum dapat dibagi menjadi tiga proses:
             Pra-Produksi
Dalam proses ini, setelah Careful pilihan bahan baku dalam pengadaan, bahan baku yang dijus dengan rasa.
             produksi
PT Gudang Garam manufaktur rokok menurut tiga kelompok varietas: jagung sekam rokok (klobot), tangan dibuat rokok Kretek (SKT) yang dihasilkan oleh perempuan sangat terampil menggunakan kayu dan alat-rolling, machined dibuat rokok Kretek (SKM) dengan kecepatan tinggi mesin .
             Packing
Mencakup untuk selesai rokok yang tersedia di beberapa baju hangat dan dirancang dalam berbagai ukuran sesuai kategori produk, dan distribusi konten kebutuhan. Kemasan fungsi rokok adalah untuk menjaga kualitas dan kedua untuk membuat citra merek untuk PT Gudang Garam produk. Wraps kemasan terdiri dari beberapa penutup. Yang pertama adalah bungkus kertas kaca untuk tangan dibuat Kretek rokok dan kertas aluminium foil untuk membuat mesin Kretek rokok. Wrap kedua adalah kemasan yang telah melalui proses pencetakan. Wrap yang ketiga adalah dalam bentuk ditekan, dan yang keempat adalah di bungkus kerdut formulir.
Manajement
Menurut Perusahaan Artikel dari Asosiasi, Perusahaan dikelola oleh Direksi dibawah pengawasan dari Dewan Komisaris, yang anggotanya akan dipilih melalui Rapat Umum Pemegang Saham untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dengan pilihan untuk kembali pemilihan. Tugas dan wewenang Dewan Komisaris dan Direksi yang ditetapkan dalam Artikel Perusahaan Asosiasi.
Pengembangan produksi
Gudang Garam MERAH
Rokok Kretek Hand Made Produk:
Untuk menanggapi pelanggan daya beli yang masih belum kembali, Perseroan meluncurkan Gudang Garam MERAH berisi rokok di 10 Februari 2003, untuk melengkapi yang sebelumnya Gudang Garam MERAH produk di 12 dan 16-kemasan rokok.
Gudang Garam Merah dengan tema:
Coba Merah .... Meriah euy! (Coba Gudang Garam Merah .... akan Joyful!) Adalah non-cengkeh rokok filter dengan rasa dan aroma bukan kepalang: Harum, gurih, Nikmat (Aromatik, enak, menyenangkan

Gudang Garam SURYA SIGNATURE
Made Kretek Mesin Rokok Produk:

SURYA SIGNATURE dalam kemasan rokok-20 diluncurkan pada bulan September 2002 di tiga jenis: Mild, Mild menthol, dan Merah. Untuk suplemen yang sebelumnya Surya Signature Series, Perseroan meluncurkan Surya Signature berisi 12 dan 16 Mei 2003 di rokok.
Produksi Surya Signature ini difasilitasi dengan teknologi tinggi dan peralatan ultra modern disertai dengan sempurna campuran bahan baku tanpa mengurangi sungguh wangi dan gurih produk: Aromatik, enak, menyenangkan.
Paket-nya, yang "Smiling Pack" sangat menarik dan berwarna-warni menjadi kombinasi antara seni dan kualitas yang tinggi.

Detail Produk

Sigaret Kretek Klobot Manis
Sigaret Kretek Klobot Manis adalah jenis rokok Gudang Garam yang dihasilkan oleh perusahaan di awal tahun. Keunikan tembakau asli dan cengkeh dibungkus dengan kulit ari jagung masih diawetkan sebagai simbol yang asli Indonesia Kretek rokok. Jagung ini mengupas rokok saat ini tersedia dalam dua rasa, dan Sweet Plain. Kemasan berisi enam rokok.
Sigaret Kretek Klobot Tawar
Sigaret Kretek Klobot Tawar tersedia dalam 6-rokok dan 12-kemasan rokok.
Taman Sriwedari Biru Lurik
Taman Sriwedari tersedia dalam dua rasa, Taman Sriwedari Lurik dan Taman Sriwedari Biru Lurik. Keduanya tersedia dalam 12-kemasan rokok

GG Merah King Size (Soft Pack)
Ini buatan tangan rokok Kretek memiliki volume penjualan terbesar di Indonesia. Campuran yang tajam cengkeh dan tembakau khusus membuat rasa asli dan rasa dibandingkan lainnya rokok di kelasnya. Secara luas dikenal sebagai Gudang Garam Merah (merah = red), merek ini tersedia di 12 dan 16-rokok-rokok kemasan. Kemasan, baik yang dibuat dari kertas tebal atau tipis, tersedia untuk mensuplai kebutuhan pasar yang khas. Rokok ini dibuat untuk mereka yang dapat menghargai seni asli Indonesia yang merokok Kretek rokok.
GG Merah King Size (Hard Pack)
Hard-pack Raja Ukuran Kretek rokok berisi 12 batang.


GG Djaja
Ini buatan tangan Kretek adalah rokok yang dibuat khusus untuk perokok yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia. Rokok ini sangat populer sebagai Djaja Hijau (hijau = hijau) yang merujuk pada kemasan, 12-tersedia dalam kemasan rokok.

GG Tanda Mata
Gudang Garam Tanda Mata adalah buatan tangan rokok Kretek dibuat dengan ukuran yang unik dan kemasan rokok. Ini tersedia dalam 12-kemasan rokok.


GG Merah King Size (Hard Pack)
Hard-pack Raja Ukuran Kretek rokok berisi 16 batang.
GG Filter International Coklat
Rokok Kretek ini tersedia dalam kemasan 12-rokok

Taman Sriwedari Lurik
Memiliki bentuk yang unik dan pak rokok, ini buatan tangan Kretek adalah rokok khas Gudang Garam produk. Walaupun Taman Sriwedari Lurik tidak menanggung merek Gudang Garam, ia benar-benar memiliki rasa dan aroma asli dari semua produk Gudang Garam. .


Khusus GG de Luxe
Khusus ini de Luxe Kretek rokok merupakan cerminan dari premi kualitas buatan tangan rokok kepada perokok yang lebih suka cita rasa tersendiri. Dikemas dalam 16-rata rokok, kemasan emas yang eksklusif memperkuat kinerja.



GG Filter Surya
GG Filter Surya adalah filter rokok diciptakan untuk mencerminkan semangat kaum muda yang dinamis, yang penuh semangat dan suka tantangan hidup. Hal ini tidak mengherankan Surya 12 bearing slogan Selera Pemberani (The Taste of Gallant) telah diakui sebagai salah satu utama rokok di Indonesia dan dunia. Rasa yang halus campuran tembakau dan cengkeh dalam kemasan modern merupakan refleksi dari perokok 'gaya hidup. Surya 12 tersedia dalam 12-kemasan rokok.

GG Filter International Merah
GG Filter International Merah, Kretek filter rokok, adalah atas penjualan rokok dibandingkan dengan rokok Kretek lainnya di dunia. Ini paling populer adalah rokok merek Gudang Garam bukti dari produk-produk berkualitas tinggi. Its excellent rasa dan rasa adalah hasil dari pemilihan bahan ahli dan teliti pemrosesan - dinyatakan sebagai karakter dari Gudang Garam International: Pria Punya Selera ( "Man, Rasakanlah s"). Sejalan dengan konsep ini, rokok ini dibuat untuk orang-orang yang memiliki kepribadian kuat, gaya modern dan apresiasi seni yang nyata dari merokok. Rokok Kretek ini tersedia dalam 12-rokok dan 50-kemasan rokok. .



GG Filter Surya Profesional
16 sticks - Distributed di Singapura, Malaysia, Lengkawi, Brunei Darussalam, Taiwan, Korea Selatan, Arab Saudi, Perancis, Jerman dan Belanda.

GG Filter International Merah
Penyaring ini pak rokok Kretek menggunakan 50-eksklusif dapat rokok.


GG Filter Surya
GG Filter Surya adalah yang paling berhasil premi penyaring rokok di kelasnya. Gambar yang eksklusif Surya 16 adalah refleksi dari kualitas baik bahan, keahlian campuran, gengsi dan seni merokok. Tersedia dalam kemasan dari 16 rokok.